Wednesday , September 26 2018
Home / Tempat Hangout / Chinatown Bandung, Miniatur Kota China Klasik yang Bikin Hasil Fotomu Tambah Ngehits

Chinatown Bandung, Miniatur Kota China Klasik yang Bikin Hasil Fotomu Tambah Ngehits

Selain bumi yang terus berputar, ternyata ada hal lain yang juga berputar. Karena itu hal-hal yang berbau klasik tidak akan mati. Salah satunya dengan kehadiran tempat-tempat bergaya klasik. Tempat wisata di Kota Bandung pun tidak mau ketinggalan, sejak tahun lalu ada Chinatown Bandung yang ngehits banget! Chinatown Bandung ini miniatur Kota China yang bisa bikin hasil fotomu tambah ngehits. Ada berbagai keseruan yang bisa Cariers temukan di sana loh.

Chinatown Bandung
Chinatown Bandung

 

Pecinan Klasik

Chinatown Bandung merupakan tempat wisata bertema pecinan klasik. Kata pecinan ini pastinya tidak asing di telinga, Cariers. Yup, pecinan adalah permukiman orang China. Dari namanya Cariers sudah bisa membayangkan seperti apa Chinatown Bandung ini. Tempat wisata yang mengambil inspirasi dan tema Kota China ini memang dibangun dengan gaya arsitektur khas China klasik. Sejak dari luar saja, pemandangan yang disuguhkan Chinatown Bandung akan membuat Cariers berasa terlempar ke masa lalu. Menariknya lagi, dilengkapi juga dengan kuliner masakan China dan pertunjukan kebudayaan China loh.

Chinatown Bandung
Setiap pengunjung Chinatown Bandung mendapat merchandise

Tempat wisata pecinan klasik ini terletak di Jalan Kelenteng No. 41 Bandung. Di belakangnya ada Vihara Setya Budhi yang legendaris di Bandung. Cariers enggak akan bingung buat ke sana, kan ditemani sama aplikasi pencari lokasi Cari Aja. Untuk masuk Chinatown Bandung, Cariers bisa membeli tiket seharga Rp20.000, itu pun Cariers dikasih bonus merchandise lucu.

Jam operasionalnya berbeda tergantung hari. Hari Minggu sampai Jumat buka dari jam 11 siang sampai jam 10 malam, sedangkan hari Sabtu buka mulai jam 11 siang sampai jam 11 malam, beda lagi untuk hari Senin yaitu jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Selain untuk membayar tiket masuk, sistem pembelian dan masuk wahana di Chinatown Bandung harus memakai Flazz.

Chinatown Bandung
Pengunjung berfoto di Chinatown Bandung

Btw, Chinatown Bandung tidak hanya cocok buat Cariers yang punya hobi foto, tapi pas buat acara keluarga juga. Dijamin deh Cariers sekeluarga bakalan betah bermain seharian. Nah, apa saja yang bisa Cariers lakukan sambil refreshing bersama keluarga di sana?

 

1. Berfoto dengan Latar Miniatur Kota China Klasik

Saking cakepnya tempat ini, Cariers yang suka berfoto bakalan seneng banget karena setiap sudutnya dapat dipakai untuk berfoto. Kesan miniatur Kota China di Chinatown Bandung sudah terasa sejak pintu masuk yang bentuknya merupakan pintu masuk tradisional China. Cariers bisa langsung selfie atau berfoto keluarga di sana loh.

Masuk ke dalamnya, Cariers bakal menemukan berbagai perabotan, mebel, dan alat transportasi zaman dulu. Seperti sepeda yang digunakan masyarakat Tionghoa untuk menjajakan barang dagangan, lalu ada sepeda ontel, TV jadoel, sampai peralatan makan minum. Coba deh Cariers berfoto di berbagai alat transportasinya, seperti bergaya di dalam becak. Sekeliling Chinatown Bandung digantung hiasan lampion-lampion warna-warni yang menambah cantik tempatnya.

Chinatown Bandung
Berbagai barang antik dapat dipakai untuk properti foto pengunjung

Dinding-dindingnya dimural lucu-lucu. Ada tembok dengan mural anak-anak Tionghoa yang sedang berlarian gembira, tersedia tempat duduk yang dindingnya digambari seorang tukang cukur sedang menggunting rambut, dan mural lainnya yang enggak kalah keren.

Chinatown Bandung
Tiap sudut Chinatown didekorasi dengan barang zaman dulu

Pas berfoto nanti, Cariers tinggal menyesuaikan gaya dengan muralnya. Belum lagi ada jembatan berbentuk melengkung berwarna merah yang mengingatkan Cariers sama film atau drama mandarin jadoel. Di bawahnya ada kolam berair bersih yang dihuni ikan-ikan. Nah, terbayang kan hasil foto-fotonya? Pastinya kece-kece, bikin feed Instagram-mu menarik dan Cariers jadi makin hits.

 

Berfoto Ala Kerajaan Tiongkok

Biar all out fotonya, Cariers bisa menyewa kostum ala kerajaan Tiongkok. Saatnya untuk mewujudkan mimpi Cariers nih sehari jadi pangeran dan putri kerajaan. Enggak tanggung loh, Cariers juga bisa di-makeup biar tambah meyakinkan hasil fotonya.

Chinatown Bandung
Berfoto ala putri kerajaan Tiongkok. Sumber: Tri Ispranoto/detikTravel

Sewa kostum, foto studio, dan makeup ini beda-beda tiap paketnya. Untuk kostum anak-anak mulai dari Rp50.000 sampai Rp100.000. Sedangkan untuk kostum dewasa Rp75.000 sampai Rp150.000. Jasa paket dengan riasan untuk membuat Cariers sekinclong putri kerajaan adalah Rp150.000. Serunya lagi, hasil fotonya bisa Cariers bisa cetak di souvenir kayak mug.

 

2. Museum Chinatown Bandung

Cariers yang menyukai wisata edukasi akan menyukai museum di Chinatown Bandung ini. Dalam museum, Cariers bisa membaca sejarah masuknya etnis Tionghoa ke Indonesia. Bila datang bersama keluarga, Cariers bisa membagi pengetahuan itu untuk si kecil sehingga menumbuhkan kecintaan terhadap keberagaman di Indonesia.

Chinatown Bandung
Museum Chinatown Bandung. Sumber: wisatakaka.com

Setiap sudutnya diisi oleh barang antik zaman dulu, seperti keramik dan perabotan rumah tangga seperti termos, cangkir dan piring jadoel. Tentu berbagai properti itu bisa menjadi background cantik untuk fotomu bersama keluarga. Tapi hati-hati ya, jangan sampai anak-anak menyentuh barang pecah belahnya.

 

3. Arena Bermain Anak

Chinatown Bandung
Arena bermain anak di Chinatown Bandung. Sumber: YouTube

Keseruan selanjutnya adalah main sepuasnya di area bermain anak. Chinatown Bandung menyediakan spot khusus playground khusus anak. Tempat main ini di-setting outdoor dan lumayan luas. Anak-anak akan senang bermain ayunan, perosotan, dan mainan lainnya. Setiap anak dikenai tiket masuk Rp35.000 untuk bermain sepuasnya.

Chinatown Bandung
Anak-anak bermain di salah satu stand

Di luar arena playground berjarak beberapa meter saja, terdapat beberapa stan permainan lainnya seperti memancing ikan dan lempar bola berhadiah. Kalau malam, suasananya seperti persis sedang berada di pasar malam deh. Tiap stan permainan menerapkan harga berbeda, dan untuk permainan tertentu ada diterapkan sistem waktu.

 

4. Kuliner Khas Chinatown Bandung

Chinatown Bandung
Tempat kuliner di dalam ruangan Chinatown Bandung. Sumber: IG Chinatown Bandung

Enggak komplet rasanya kalau udah ke Chinatown Bandung tapi belum menjajal kulinernya. Tentunya yang khas di sana adalah hidangan chinese food-nya. Seperti cuanki, nasi hainan, bebek peking, dan masih banyak lainnya. Semua chinese food yang dijual di sana halal, jadi Cariers yang Muslim bisa makan semuanya. Tapi buat Cariers yang kepengin makan masakan Indonesia atau western food juga ada loh. Lengkap ya. Ada total 70 tenant makanan di sana. Harga makanannya berkisar dari 20 ribu hingga 50 ribuan. Standar ya, jadi masih ramah kantong.

Chinatown Bandung
Pertunjukan barongsai di Chinatown Bandung. Sumber: IG Chinatown Bandung

Foodcourt-nya punya desain menarik. Terbagi ke dalam dua pilihan, outdoor dan indoor. Kalau makan di luar Cariers bisa melihat hiasan lampion warna-warni, di dalam lampunya ditempatkan dalam kerajinan rotan berbentuk menyerupai sangkar burung yang digantung di langit-langit. Keduanya sama-sama terlihat cantik.

Chinatown Bandung, Chinatown Bandung di Aplikasi Cari Aja
Chinatown Bandung di Aplikasi Cari Aja

Rasa-rasanya 4 hal keseruan di Chinatown Bandung tadi sudah cukup buat memanggil Cariers bertualang ke sana, tapi ternyataaa… masih ada lagi loh. Pada season tertentu di Chinatown Bandung ada pertunjukan barongsai yang atraktif.

Kalau pengin dateng ke sana pas ada pertunjukan, Cariers bisa intip-intip ke media sosial mereka untuk update infonya. Dan pastinya download aplikasi Cari Aja untuk menemani Cariers bertualang menuju miniatur Kota China klasik. Bawa perlengkapan foto Cariers, dan bersiap makin ngehits.

Penulis: Eva Sri Rahayu

Cari Aja adalah aplikasi pencarian tempat terlengkap di Indonesia. Anda dapat menemukan tempat tempat seperti Restoran, SPBU, ATM, Toko, Bank, Hotel, Dll.

About Eva Sri Rahayu

Eva Sri Rahayu lulusan UPI Jurusan Teknologi Pendidikan. Punya impian menulis kisah-kisah petualangan karena sedari kecil suka bertualang dalam buku. Pendiri Komunitas Twins Universe bersama kembarannya untuk mengkampanyekan psikologi anak kembar, salah satunya dalam bentuk web series berjudul “TwiRies The Series” yang dipublikasikan di Youtube. Novel ketiganya “Love Puzzle” yang diterbitkan Noura Books tahun 2013 kini diterbitkan ulang di WebNovel.

Check Also

Kedai Kopi Apek, Tempat ngopi klasik di Medan

5 Tempat Ngopi Klasik di Medan yang Bikin Kamu Gak Mau Pulang

Tempat ngopi klasik di Medan bisa menjadi tempat paling asyik bagi Cariers untuk menikmati minuman panas …

One comment

  1. Wah ngga nyangka yah ada miniatur kota dari negara luar kya gini dibandung,
    jadi berasa diluar negri 😀

    Semoga nanti ada juga japanese town atau korea town

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *