Wednesday , September 26 2018
Home / Cafe / 5 Tempat Ngopi Klasik di Medan yang Bikin Kamu Gak Mau Pulang

5 Tempat Ngopi Klasik di Medan yang Bikin Kamu Gak Mau Pulang

Tempat ngopi klasik di Medan bisa menjadi tempat paling asyik bagi Cariers untuk menikmati minuman panas dengan aroma khas. Terlebih jika kamu menikmatinya di malam hari sambil nongkrong dan merasakan angin malam yang menggigit. Memang, bagi sebagian orang, menyeruput kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tak heran jika banyak kedai kopi yang selalu kebanjiran pengunjung, salah satunya di Medan.

Nah, jika kamu termasuk salah satu penggemar kopi dan sedang berkunjung di kota ini, beberapa tempat ngopi klasik berikut wajib untuk kamu coba. Bukan hanya sajian kopinya saja yang akan membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini, namun juga nuansa kedai yang unik. Berikut ini daftarnya:

1. Kedai Kopi Apek

Konon, tempat ngopi klasik di Medan ini merupakan yang tertua di Medan, karena sudah ada sejak tahun 1923. Meskipun saat ini sudah dikelola oleh generasi ketiga, namun rasa kopinya masih tetap terjaga. Sajian kopi yang paling khas di kedai ini adalah Kopi O, kopi yang terbuat dari biji kopi Sidikalang. Bagi kamu yang menyukai kopi dengan rasa manis, bisa memadukannya dengan susu kental manis yang disajikan di gelas terpisah. Tidak hanya kopi, kamu juga bisa memesan camilan berupa roti bakar srikaya yang menjadi kekhasan dari kedai ini atau martabak telur sebagai teman ngopi.

tempat ngopi klasik di Medan, Kedai Kopi Apek
Tempat ngopi klasik di Medan, Kedai Kopi Apek. Sumber: YouTube @Kuliner Medan

Tidak hanya sajian kopi dan camilannya yang super nikmat, desain interiornya juga bisa buat kamu terkagum-kagum. Nuansa zaman dahulu tetap dipertahankan oleh kedai ini sehingga pengunjung dapat menikmati sensasi berbeda. Tak heran jika kedai yang berada di Jalan Hindu nomo 110, Kesawan, Medan, ini selalu ramai dikunjungi orang.

2. Kopi Kok Tong Siantar

Hampir sama tuanya dengan Kopi Apek, kedai kopi yang berada di Jalan Cipto No. 115, Pematang Siantar, Medan, ini juga berdiri sejak tahun 1925. Pengelolanya pun sudah sampai di generasi ketiga dari sang pemiliknya yang berdarah Tiongkok, Lim Tee Kek. Namun begitu, taste yang tercipta tetap sama, super yummy. Ada dua jenis kopi yang disediakan di tempat ngopi klasik di Medan ini, yaitu kopi hitam untuk penggemar rasa pahit dan kopi susu untuk penggemar rasa manis. Keduanya disajikan dalam pilihan panas maupun dingin.

tempat ngopi klasik di Medan, Kopi Kok Tong Siantar
Tempat ngopi klasik di Medan, Kopi Kok Tong Siantar. Sumber: Tribunnews.com

Untuk bahan kopinya sendiri terbuat dari biji kopi robusta yang berasal dari dataran tinggi Simalungun. Dengan olahan secara tradisional tanpa alat mesin, kemudian diracik dengan tangan dingin Koh Lim, maka terciptalah secangkir kopi dengan aroma maupun rasa yang berbeda. Sebagai teman pendamping minum kopi, kamu bisa memilih camilan roti bakar ataupun bakpao.

3. Kopi Tiam Ong

tempat ngopi klasik di Medan, Kopi Tiam Ong
Tempat ngopi klasik di Medan, Kopi Tiam Ong. Sumber: IG@vincesantiurhutagalung

Tempat ngopi klasik di Medan yang satu ini juga sering disebut Kopi Ong, yang dalam bahasa Tiongkok berarti “kedai kopi”. Yang unik dari kedai ini adalah tersedianya berbagai macam jenis kopi, mulai dari kopi ong klasik, kopi toebroek, kopi ong klasik krim soesoe, kopi bajigur, kopi berempah, ice coffee blended modern, hingga iis kopi ong madoe klasik. Dan, yang paling istimewa adalah kopi talua khas Bukittinggi karena diberi campuran telur. Sebagai pendamping minum kopi, kamu bisa memilih camilan berupa selat popiah, pisang goreng, atau roti bakar.

Untuk membangun chemistry dengan para pengunjung kedai, pemilik kedai yang sudah berdiri sejak tahun 1965 ini, Ong Sun Ching, menuliskan sebuah filosofi di papan, yaitu “Minum Cangkir Pertama sebagai Orang Asing, Cangkir Kedua sebagai Teman, dan Cangkir Ketiga sebagai Saudara”. Kamu bisa menemukan kedai kopi yang selalu ramai pengunjung ini di Jalan Doktor Mansyur No. 39, Padang Bulan Selayang I, Medan Selayang, Kota Medan.

4. Kopi Kurnia

Kedai kopi yang juga legendaris di kota Medan adalah Kopi Kurnia. Meskipun berdirinya tidak selama tiga kopi sebelumnya, namun citarasa kopi yang disediakan di kedai ini sangat unik. Sejenis kopi tubruk yang mempunyai aroma harum khas Medan menjadi andalan menu di tempat ini. Belum lagi camilan yang mendampingi kamu saat menyeruput kopi, yaitu roti panggang srikaya buatan sendiri maupun telur kampung setengah matang.

Buat kamu yang tidak hanya sekadar ngopi, tempat ngopi klasik di Medan yang beralamat di Jalan Mayor Jenderal Sutoyo Siswomihardjo No. 22, Medan, ini pun menyajikan menu berat, seperti kwetiau goreng dan mie hokkien. Dijamin rasa lapar kamu langsung reda. Langsung aja yuk cuss ke kedai Kopi Kurnia bersama aplikasi pencarian lokasi Cari Aja!

5. Kopi Baba

Ingin minum kopi sambil menikmati suasana klasik? Sinilah tempatnya. Tata ruang dari kopi yang beralamat di Jalan Dr. Mansur ini memang mempunyai tata ruang bergaya klasik. Foto-foto kuno kota Medan sekitar tahun 1890-an terpajang di dinding untuk semakin menguatkan nuansa tersebut. Sementara, kopi legendaris yang wajib kamu coba di tempat ini adalah kopi coklat tarik. Dijamin, di setiap seruputan yang kamu lakukan akan memberi sensasi tersendiri.

Nah, itu dia 5 tempat ngopi klasik di Medan yang bikin kamu gak mau pulang. Psstt.. ajak pacar ke sana juga ya, pasti suka!
Cari Aja adalah aplikasi pencarian tempat terlengkap di Indonesia. Anda dapat menemukan tempat tempat seperti Restoran, SPBU, ATM, Toko, Bank, Hotel, Dll.

About kontributor

Full time: Storyteller • Part time: Your Travel Buddy

Check Also

bubur kacang ijo khas Madura, bubur kacang ijo di Jakarta

5 Bubur Kacang Ijo di Jakarta Ini Bikin Nagih & Kenyang. Mau?

Indonesia memiliki banyak sekali jenis bubur, sebut saja bubur ayam yang gurih, bubur sumsum dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *