Tuesday , June 26 2018
Home / Cafe / 7 Tempat Nongkrong Terbaru di Medan yang Bikin Kamu Makin Gaul!

7 Tempat Nongkrong Terbaru di Medan yang Bikin Kamu Makin Gaul!

Hai Sobat Cariers, dunia nongkrong dan ngopi sudah menjadi trend bagi masyarakat perkotaan, termasuk juga buat para pelaku usaha dan investornya. Di saat ekonomi yang sedang sulit 2 tahun terakhir ini, membuat orang tidak berani membuka usaha baru termasuk membuka tempat nongkrong terbaru di Medan.

Dimana–mana omset penjualan selalu menunjukkan trend menurun dan semua pengusaha mengambil posisi wait and see. Namun tidak sama dengan gairah orang membuka Café dan kuliner yang selalu identik dengan tempat nongkrong anak–anak milenial, baik kelas menengah ke atas maupun ke bawah. Masing–masing punya segmen pasarnya.

Gimana dengan Medan? Hampir sama dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia, Café yang buka dan kemudian tutup ada dimana–mana. Ada yang hanya tahan 3 bulan atau 6–12 bulan. Namun setelah itu ada lagi yang buka dengan gaya konsep yang berbeda. Itulah fenomena yang terjadi saat ini. Artinya orang tidak takut untuk buka yang baru, kendati banyak juga yang tutup.

Sudahkah Cariers tahu tempat nongkrong terbaru di Medan yang baru muncul di era tahun 2018? Ayo ikuti saya nyoba satu persatu.

 

1. The L.CO Coffee

tempat nongkrong terbaru di Medan, Outdoor The L.CO coffee memandang ke indoor
Outdoor The L.CO coffee memandang ke indoor

Lokasi café yang terletak di Jalan Gagak Hitam no. 30 Medan (simpang ringroad dengan jalan Sunggal) ini tampak menarik ketika di malam hari. Design lightingnya bagus, sehingga menarik perhatian orang yang lalu lalang di ring road yang sangat ramai dengan kendaraan itu. Karena lokasi parkir terbatas, pihak café menyediakan parkir di lahan kosong di sebelahnya. Harus jalan kaki beberapa puluh meter dari parkiran menuju café.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Ruangan indoor dan ber AC di The L.CO Coffee
Ruangan indoor dan ber AC di The L.CO Coffee

Tersedia ruangan café di dalam ruang tertutup dan di luar yang terbuka. Di ruang terbuka cocok buat pengunjung yang merokok. Saya nongkrong di sana hari Selasa malam sendirian dan kondisi cukup ramai dengan begitu banyak kapasitas meja kursi yang tersedia. Dan hebatnya lagi ada live music-nya di hari biasa. Bagi yang suka hiburan sambil ngopi dan makan boleh datang ke tempat nongkrong terbaru di Medan ini ya sobat cariers. Live Music di sini ringan-ringan saja dan pengunjung juga boleh nyanyi.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Menu makanan di The L.CO Coffee
Menu makanan di The L.CO Coffee

Kalau menunya sih agak ribet karena banyak jenis, minumannya saja kalau dihitung ada sekitar 65 macam, paling murah Rp. 12.000,- (teh pahit dingin) dan paling mahal Soju Kult Rp. 150.000,- yang mahal sih karena minuman impor. Bagi yang pernah ke Korea pasti kangen dengan Soju, seperti saya. Tapi di sini sangat mahal. Kalau di negaranya harga Soju tidak sampai Ro. 30.000,-. Soal banyaknya pilihan, sama dengan menu makanannya. Iseng-iseng hitung menu makanan, ada sekitar 60 jenis makanan yang tertulis di menu. Luar biasa banyaknya.

Bagi sobat cariers yang kesulitan mencari lokasinya, segera download Cari Aja, aplikasi pencarian tempat. Dijamin pasti dapat dengan mudah ditemukan.

 

2. Warung Kudeta

tempat nongkrong terbaru di Medan, Suasana didalam Warung Kudeta
Suasana didalam Warung Kudeta

Sobat cariers …. Ini juga tempat nongkrong terbaru di tahun 2018 yang berani melakukan terobosan dengan buka 24 jam. Semangatnya luar biasa walaupun baru buka. Letaknya di jalan Teuku Cik Ditiro no. 128 Medan, masih berada di pusat kota. Tempat nongkrong baru ini selalu dipadati pengunjung sejak pembukaannya. Maklum, orang Medan suka nyoba kuliner terbaru, setelah 6 bulan baru ketahuan apakah masih ramai pengunjung atau tidak.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Menu makanan di Warung Kudeta
Menu makanan di Warung Kudeta

Bila dilihat dari menu di tempat nongkrong terbaru di Medan ini didominasi oleh aneka Indomie, nasi goreng dan roti. Konsep street food dibawa ketempat agak mewah. Uniknya di sini mie instant Indomienya sudah dirombak total dengan rasa Kudeta, sehingga harganya juga beda. Artinya bumbunya tidak menggunakan bumbu Indomie, tapi sudah memggunakan bumbu karya Kudeta sendiri. Indomie goreng / becek original itu harganya Rp. 13.000,-. Indomie yang sudah di daur ulang itu harganya di atas Rp. 20.000,-. Ada Indomie kekinian, ramen dan Indomie becek. Ada juga Pizza Indomie, ini inovasi terbaru dari warung Kudeta. Menunya sangat banyak.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Nasi goreng ikan teri Medan
Nasi goreng ikan teri Medan

Lokasi tempat nongkrong terbaru di Medan ini sangat luas, tersedia wifi dan colokan listrik. Bisa duduk di kursi dan bisa juga lesehan. Uniknya lagi pesanan dilakukan dengan self service. Kita dikasih menu, kemudian sobat cariers isi form pesanan, bawa kekasir bayar dan tunggu pesanannya diantar berdasarkan no meja. Selagi nunggu makanan datang bisa ngobrol-ngobrol dulu dengan teman 🙂

 

3. Kedai Kopi Massa Kok Tung kompleks Cemara Asri

Kompleks Cemara Asri di Medan, selain dikenal dengan kawasan perumahan besar dan mewah di kota Medan, juga terkenal dengan wisata kulinernya. Di jalan boulevard nya bila Sabtu Minggu atau hari libur, banjir dengan parkir mobil di kanan kiri jalan mau pun disekitar bundaran tamannya yang sangat luas. Baik di pagi hari maupun malam hari selalu penuh dengan manusia yang datang dari luar kompleks perumahan. Semuanya memberikan fasilitas indoor maupun outdoor.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Tampak depan Massa Kok Tung Cemara Asri
Tampak depan Massa Kok Tung Cemara Asri

Salah satu kedai kopi yang terbaru di kompleks Cemara Asri adalah Massa Kok Tung. Kedai kopi legendaris dan klassik dari kota P.Siantardi Jalan Cipto No. 109/115 ini telah ada sejak tahun 1926. Kedai kopi Kok Tung di kota P.Siantar ini juga masih bertahan sampai saat ini dan menjadi kunjungan penikmat kopi bila melintasi kota tersebut menuju ke Danau Toba dan sekitarnya.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Ruangan indoor Massa Kok Tung Cemara Asri
Ruangan indoor Massa Kok Tung Cemara Asri

Setelah berganti generasi, Kedai kopi Kok Tung melakukan transformasi, dari yang klasik menjadi modern dengan cita rasa yang masih seperti dulu. Transformasi melahirnya brand Massa Kok Tung dan Lim’s Café yang tampil dengan nuansa dan design terbaru.

Kopi hitam dengan cita rasa kopi asli, adalah produk yang paling terkenal dan sejak dulu di jaman generasi pertama pendirinya Lim Tee Kee selalu memilah sendiri biji kopi pilihan, meraci dan menggonseng hingga tahap menyeduh. Proses inilah yang terus dipertahankan oleh generasi ke 2, Lim Kok Tong pada tahun 1978. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, dengan menggunakan branding Massa Kok Tung telah membuka jaringan kedai kopi di berbagai kota di Indonesia. Kalau di Medan jangan lagi di kata… sudah mengepung hampir seluruh pelosok tempat keramaian.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Sajian makanan dan minuman Massa Kok Tung Cemara Asri
Sajian makanan dan minuman Massa Kok Tung Cemara Asri

Kalau Menu variasinya, hampir sama dengan café lainnya. Selainya variasi minuman kopi, misalnya Kopi Jelly, ada aneka kue tradisional yang kadang sulit di temukan lagi. Tempat nongkrong terbaru di Medan ini baru buka beberapa bulan, sehingga semua kondisi ruangan dan peralatan masih baru.

Bagi yang penasaran… yukk nyobain ke Massa Kok Tung Cemara Asri yang baru buka, mari kita coba cita rasa klasiknya.

 

4. Warung Wakaka

tempat nongkrong terbaru di Medan, Tampak depan Warung Wakaka Medan
Tampak depan Warung Wakaka Medan. Sumber: tribunnews

Kota Medan lagi trend kekinian membuka tempat nongkrong dengan konsep makanan street food, tapi juga didukung dengan tempat dan bangunannya yang mewah. Makanannya serba Indomie, martabak, sate, nasi goreng, aneka kopi dan sejenisnya.

tempat nongkrong terbaru di Medan. Martabak telor beef + duck egg
Martabak telor beef + duck egg. Sumber: anakjajan.com

Tempat nongkrong terbaru di Medan yang baru diresmikan tanggal 2 Maret 2018, bertepatan dengan malam Cap Go Me, penanggalan lunar hari raya Imlek yang terakhir, selalu padat dikunjungi, terutama di malam hari. Sulit mencari tempat parkir bila kita membawa mobil di sini. Mungkin orang Medan selalu suka sesuatu yang baru. Letaknya persis di pusat kota di jalan Adam Malik No. 36 Medan, tidak jauh dari rumah makan Garuda.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Mie goreng tom yam
Mie goreng tom yam. Sumber: medanreview.com

Konsep street yang dibawa ke tempat mewah, ber AC, bersih, luas dan makanan nya enak….. tentu akan lebih menarik minat masyarakat untuk mencobanya. Makanan termurah di sini mulai dari harga Rp. 18–20 ribuan. Yang enak itu sate kulit dan martabaknya.

Ternyata Warung Wakaka ini tidak hanya ada di Medan, tapi sebelumnya sudah ada di Jakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan dan Palembang. Mau nyoba? hayoo kita ramekan.

 

5. Ministro Est. MMXVII

Sobat cariers yang suka selfie dan hunting lokasi moto-moto buat ngisi album di medsos… inilah lokasi yang dijamin tepat. Baru buka beberapa bulan yang lalu, interiornya nyaman dan dipadu dengan lighting yang pas. Jadinya foto kita pasti bagus tampilannya dengan dibantu pencahayaan ruangannya.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Tampak depan Ministro Cafe
Tampak depan Ministro Cafe

Mengusung konsep food – wine – lounge, menjadikan tempat hangout ini sedikit kelihatan agak ekslusif untuk kalangan menengah ke atas. Kalau dilihat dari harga makanannya sih, mulai dari harga Rp. 20 ribuan ada. Kesan mewah itu terlihat dari gaya interiornya. Saya lihat mengunjungnya memang didominasi anak muda, walaupun dibeberapa bagian ada orang tua dan ibu-ibu arisan juga ada.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Interior Ministro Cafe
Interior Ministro Cafe

Mau mencoba makanan gaya western dan lokal ada di tempat nongkrong terbaru di Medan ini. Saya lihat sih makanan sini tampilannya sangat atraktif dan menarik. Seperti Crispy Tortilla Chips, Mushroom Alfredo, Premium New Zealand Oxtail dan banyak lagi menu western lainnya. Menu makanan lokal mulai dari nasi goreng, mie goreng Indonesia juga tersedia di sini. Minuman hampir sama dengan café lainnya, seperti kopi, teh dan lain sejenisnya. Tentunya yang beda dengan yang lain, di sini ada Wine dan juga Soju, minuman beralkohol khasnya Korea.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Keasyikan berfoto di dalam ruangan cafe
Keasyikan berfoto di dalam ruangan cafe

Tersedia lokasi indoor maupun outdoor untuk yang merokok. Tempat yang cukup luas ini bisa dijadikan untuk gathering teman kantor, teman sekolah dan ulang tahun. Bersebelahan dengan OO Pastries, toko bakery bila sobat cariers ingin beli untuk dibawa pulang atau makan di lokasi juga bisa.

 

6. Holywings Medan

tempat nongkrong terbaru di Medan, Interior bar Holywings Medan
Interior bar Holywings Medan

Sobat cariers yang suka hangout terbaru dengan live music berkualitas dan minuman beralkohol, inilah tempatnya. Minuman yang tidak beralkohol juga banyak sih, tapi memang dominasinya seperti itu. Inilah berbagai jenis pilihan tempat nongkrong dan ngopi yang ada di kota Medan, sehinga kita bisa memilih sesuai dengan selera dan keinginan kita bersama teman-teman sepermainan.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Minuman non alkohol Holywings Medan
Minuman non alkohol Holywings Medan

Jaringan Holywings itu ada di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta ada di PIK dan Kelapa Gading, Surabaya dan Makasar. Mengusung konsep bar & live music, tempat ini bakal sering dihibur oleh artis-artis nasional, walaupun baru buka beberapa bulan. Seperti Raisa, sudah pernah tampil di sini. Posisinya persis ada di jalan A.Rivai No.4, kawasan perumahan elit di kota Medan.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Prepare for live music
Prepare for live music

Selain aneka jenis minuman, jenis makanannya juga sangat variatif. Dari mulai makanan western, Jepang, Taiwan dan Korea ada di sini. Mulai dari Taiwan Fried Chicken, Pong Tofu, Edamame, Holyduck Rice, Black Gyudon, Spicy Korean Buta Don dan masih banyak lagi. Perlu diketahui di sini juga ada makanan non halal, Bangkanese Roasted Pork.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Menu makanan Holywings Medan
Menu makanan Holywings Medan

Operasional di mulai jam 16.00 dan berakhir sampai jam 2 dini hari. Setiap malam ada band live music mulai dari jam 21.00. Bila sobat cariers mau datang di hari weekend dan libur umum, harus book atau reserved duluan sebelum datang. Bila tidak, mungkin tidak akan kebagian tempat duduk dan tidak diizinkan masuk, karena di dalam sudah penuh.  Hayoo.. sobat cariers yang suka hangout sampai pagi, boleh coba tempat nongkrong terbaru di Medan ini.

 

7. Sangrai Coffee Shop

tempat nongkrong terbaru di Medan, Tampak luar Sangrai Coffee Shop Medan
Tampak luar Sangrai Coffee Shop Medan

Masih berada di jalan yang sama dengan Holywings, jalan A.Rivai No.4 Medan, Sangrai Coffee Shop murni tempat ngopi dan mengedepankan cita rasa kopi. Buat sobat cariers penggemar kopi beneran… inilah tempat yang cocok dan nyaman. Di samping itu juga, karena berada di kawasan elit (seperti Menteng Jakarta), dengan kiri kanan rumah besar, maka terasa suasana yang tenang, tidak seperti ketika kita ngopi di mall.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Ruang interior bersama barista Sangrai Coffee Shop Medan
Ruang interior bersama barista Sangrai Coffee Shop Medan

Selain masih baru, design interior yang di dominasi oleh warna putih dan unsur kayu, tempat nongkrong terbaru di Medan ini juga punya wifi yang kenceng dan suasananya tidak bising. Belum banyak yang mengenal tempat ini, karena memang jarang kelihatan promosinya dan baru buka akhir tahun 2017 kemarin.

tempat nongkrong terbaru di Medan, Ruang dalam bersama tempat duduk pengunjung Sangrai Coffee Shop Medan
Ruang dalam bersama tempat duduk pengunjung Sangrai Coffee Shop Medan

Operasional kedai mulai dari jam 7.30 pagi sampai jam 8 malam. Sobat cariers yang suka akan kenyamanan dan keheningan, mari nyobain kedai kopi Sangrai. Lokasi dan tempat baru selalu pengen mengusung konsep baru, supaya dapat menarik minat pengunjung. Segala upaya sudah dilakukan oleh para investor untuk membuka tempat-tempat baru buat sobat cariers nongkrong.

 

Banyak pilihan dan tentunya sesuai dengan selera, keinginan dan harapan masing-masing orang. Saran saya  gunakan Aplikasi Cari Aja untuk memudahkan sobat cariers mencari lokasi kuliner dan tempat nongkrong. Tidak hanya itu, aplikasi pencarian tempat Cari Aja juga memudahkan kita untuk menemukan mini market, SPBU, ATM, kantor bank, toko, pusat kesehatan , hotel dan tempat wisata, otomotif, transportasi, pendidikan dan tempat-tempat lainnya yang ada disekitar lokasi kita melakukan aktivitas sehari-hari.

So… nikmati hari-hari Cariers di kota Medan yang telah memberikan banyak pilihan dengan masyarakatnya yang sangat heterogen. Jadi, sudah menentukan mau coba tempat nongkrong terbaru di Medan yang mana?

Penulis: Petrus Loo

About kontributor

Full time: Storyteller • Part time: Your Travel Buddy

Check Also

Skyline Design, cafe romantis di Surabaya

Daftar 5 Cafe Romantis di Surabaya Buat Kencan Minggu Ini!

Surabaya termasuk kota yang ramai dikunjungi, terlebih di musim liburan. Bukan hanya tempat wisata, kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *