Home / Dibawah 100 ribu / Jajanan Khas Makassar yang Tidak Boleh Absen Dicicipi

Jajanan Khas Makassar yang Tidak Boleh Absen Dicicipi

Selain Coto Makassar dan Konro yang terkenal sebagai kuliner khas kota Sulawesi Selatan tersebut, masih ada jajanan khas Makassar yang tidak boleh kamu lupa untuk dicicipi saat bertandang ke sana. Meskipun jajanan kekinian juga menyebar di Makassar, tapi jajanan khas Makassar tetap memiliki peminat di segala kalangan termasuk anak mudanya. Harga terjangkau dan rasa yang enak, tidak heran jika jajanan khas Makassar selalu menjadi jajanan primadona warga Makassar.

1. Es Palu Butung

jajanan khas Makassar, Es Palu Butung, Anak Kota
Es Palu Butung, Anak Kota (Sumber: capital-internet.net)

Perpaduan warna khas antara warna hijau dan merah mudanya menjadi ciri khas dari jajanan Makassar ini. Apalagi kalau bukan Es Palu Butung. Jajanan ini merupakan es campurnya Makassar. Terdiri dari potongan beberapa pisang hijau, bubur sumsum kemudian disiram dengan sirup berwarna merah serta susu kental manis. Terakhir tambahan es serut untuk menjadikan es campur ini makin segar.

2. Pisang Epe

jajanan khas Makassar, Pisang Epe, Anak Kota
Pisang Epe, Anak Kota (Sumber: hipwee.com)

Sepertinya buah pisang di Makassar adalah bahan favorit untuk dijadikan makanan. Karena jajanan khas Makassar yang satu ini juga terbuat dari pisang. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kapok setengah masak. Jika dilihat sekilas dari cara memasaknya, Pisang Epe seperti pisang bakar di kota lainnya. Bedanya Pisang Epe tidak dipotong menjadi dua bagian, tapi utuh satu pisang yang dipanggang kemudian dipipihkan. Kemudian toppingnya juga menjadi ciri khas dari Pisang Epe.

Setelah Pisang Epe matang, untuk menambah nikmat dari pisangnya, diberi saus yang terbuat dari campuran gula merah dengan rebusan air daun pandan kental yang sudah dibumbui garam dan durian. Rasanya yang khas buat kamu gak cukup makan satu saja.

Baca juga:
Jajajan Anak SD Zaman Now
Jajanan Kaki Lima Jogja yang Tetap Hits dan Murah Meriah

3. Doko Doko

jajanan khas Makassar, Doko Doko, Anak Kota
Doko Doko, Anak Kota (Instagram: @dinaayuikaferniyanti)

Terbuat dari kentang, tepung beras, gula dan santan kemudian adonan tersebut diisi dengan kelapa parut dan gula merah yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk seperti kerucut. Biasanya Doko Doko disajikan saat acara – acara besar di Makassar. Wah kalau kebetulan kamu sedang menghadiri suatu acara seperti pernikahan di Makassar, jangan lupa untuk mencicipi jajanana khas Makassar ini ya.

4. Kue Dange

jajanan khas Makassar, Kue Dange, Anak Kota
Kue Dange, Anak Kota (Sumber: hkipphtom.blogspot.com)

Bentuknya mirip seperti kue rangi. Bisa dibilang Kue Dange adalah kue ranginya khas Makassar. Jajanan khas Makassar ini merupakan kue tradisional warga Bugis yang memiliki rasa manis dan gurih karena kedua bahannya yang digunakan yaitu gula merah dan kelapa parut. Jika kamu beruntung menemukan penjual Kue Dange, kamu tidak boleh melewatkannya. Karena sekarang ini Kue Dange ini sudah jarang ditemukan di Makassar. Kamu bisa ke daerah Pangkep untuk kesempatan lebih besar menemukan penjual Kue Dange.

5. Baje Canggoreng

jajanan khas Makassar, Baje Canggoreng, Anak Kota
Baje Canggoreng, Anak Kota (Sumber: YouTube)

Jajanan khas Makassar yang ini terbuat dari kacang tanah dan gula merah. Rasa manis yang berpadu dengan rasa gurih kacangnya menciptakan rasa baru yang enak di lidah saat mencicipinya. Sekilas seperti peyek kacang tapi Baje Canggoreng memiliki tekstur yang lebih tebal dan dominan rasa manis dari gulah merahnya. Biasanya Baje Canggoreng dapat ditemukan di pinggiran jalan Gan. Selain bisa mencicipinya langsung di Makassar, jajanan ini bisa dijadikan oleh – oleh karena dapat bertahan sekitar 1 bulan.

6. Buras

jajanan khas Makassar, Buras, Anak Kota
Buras, Anak Kota (Sumber: kaltara.prokal.co)

Makassar juga punya jajanan khasnya yang biasa dapat ditemukan di pasar – pasar tradisionalnya. Jajanan ini terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun pisang muda. Hampir mirip seperti lontong, tapi Buras bentuknya persegi dan cara memakannya yang berbeda. Buras disajikan kering dengan taburan kelapa kering, garam, gula dan cabai. Selain banyak dijual dipasar, biasanya buras dihidangkan saat lebaran, acara pernikahan atau syukuran.

7. Kue Baruasa

jajanan khas Makassar, Kue Baruasa, Anak Kota
Kue Baruasa, Anak Kota (Sumber: blanja.com)

Asalnya dari Bugis Makassar, kuenya kering karena dipanggang di oven dan berbentuk bulat pipih berwarna putih. Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat jajanan khas Makassar ini adalah tepung beras, gula aren, kuning telur, kayu manis serta mentega. Rasanya kering diluar namun lembut di dalam dan manis dari gula aren yang rasanya khas.

8. Putu Cangkiri

jajanan khas Makassar, Putu Cangkiri, Anak Kota
Putu Cangkiri, Anak Kota (Sumber: www.maxnyoos.com)

Jika kamu mengenal kue putu yang identik dengan warna hijau dan balutan parutan kelapanya, maka kamu akan menemukan tampilan yang berbeda pada jajanan khas Makassar ini. Sesuai namanya Putu Cangkiri berbentuk seperti cangkir terbalik yang terbuat dari ketan. Ada dua macam rasa yang bisa kamu nikmati yaitu gula putih dan gula merah. Biar tidak rugi, kamu harus mencoba kedua rasanya. Dijamin bikin ketagihan.

9. Jalangkote

jajanan khas Makassar, Jalangkote, Anak Kota
Jalangkote, Anak Kota (Sumber: merahputih.com)

Bentuknya mirip seperti pastel. Sebenarnya jajanan khas Makassar ini sering dijadikan sebagai makanan menu buka puasa. Bedanya dengan pastel yang biasa kita makan, Jalangkote memiliki kulit yang lebih tipis. Sedangkan untuk isiannya sama seperti pastel pada umumnya yaitu tumisan  potongan dadu kentang dan wortel, soun serta tauge. Paling enak dimakan dengan dicocol saus tomat atau cabe rawit bagi yang suka rasa pedas.

10. Cucuru

jajanan khas Makassar, Cucuru, Anak Kota
Cucuru, Anak Kota (Sumber: merahputih.com)

Terakhir saat ke Makassar, kamu bisa mencoba jajanan khas Makassar yang bernama Cucuru atau dikenal juga dengan Cucuru Tekne. Dominan rasanya adalah rasa manis dari gula merah tapi tetap renyah. Bisa untuk mengganjal perut sementara disaat lapar melanda lho.

Baca juga jajanan kekinian lainnya:
Asli Nikmat! 5 Kedai Roti Bakar di Surabaya yang Enak dan Wajib Dicoba
5 Sate Taichan Enak di Bogor Bikin Baper & Laper, Nomor 4 Sih Super Enak!

Siap memanjakan lidah dengan berbagai macam jajanan khas Makassar tersebut Cariers? Kali ini kamu wajib mencoba semuanya ya, jangan sampai ada yang terlewat, karena masing – masing harganya sangat terjangkau. Dengan Rp100 ribu saja kamu sudah dapat 4 – 5 macam jajanan tersebut.

Lihat rekomendasi kuliner enak di sekitar Makassar lainnya dengan mudah dan praktis menggunakan aplikasi Cari Aja dan temukan berbagai kategori menarik lainnya yang akan membantu perjalananmu selama di Makassar.

Cari Aja adalah aplikasi pencarian tempat terlengkap di Indonesia. Anda dapat menemukan tempat tempat seperti Restoran, SPBU, ATM, Toko, Bank, Hotel, Dll.

Check Also

Jajanan Kaki Lima Jogja yang Tetap Hits dan Murah Meriah

Kurang lengkap jika berkunjung ke sebuah kota tanpa membiarkan lidah merasakan kuliner lokal setempat. Termasuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *